View Full Version: Asal Mula Alam Semesta

Mapala STTL Forum Index > Diskusi Bebas > Asal Mula Alam Semesta


Title: Asal Mula Alam Semesta


Cleva - October 5, 2004 08:09 PM (GMT)
Sejak dulu perdebatan mengenai asal mula alam semesta selalu menjadi perdebatan. Diluar konteks agama (karena setiap agama mengajarkan bahwa alam semesta diciptakan Tuhan jauh diluar kemampuan kita untuk mengetahui lebih jauh kapan dan bagaimana terjadinya sehingga yang akan dibicarakan disini adalah dari segi ilmiahnya), orang selalu mencari awal terbentuknya alam semesta, proses terjadinya, dan apa saja yang terlibat dalam pembentukannya. Berbagai teori pun dikemukakan, dari yang paling sederhana hingga yang paling rumit. Namun perlahan - lahan teori - teori tersebut mulai mengerucut dan memiliki satu pola pemikiran, bahwa alam semesta terbentuk dari singularitas. Stephen Hawking, seorang fisikawan yang lumpuh total namun pemikirannya jauh melebihi batas keterbatasan yang dimilkinya, berusaha menyatukan beberapa teori seperti relativitas, evolusi, mekanika kuantum, lubang hitam, dan teori - teori lainnya ke dalam teori segala sesuatu (theory of everything). Teori ini menyebutkan bahwa alam semesta pada awalnya adalah sebuah black hole yang membentuk singularitas dengan kepadatan yang sangat tinggi, jutaan bahkan milyaran ton/cm kubik. Titik singularitas ini memiliki gravitasi yang sangat besar yang menyebabkan cahaya pun tidak mampu keluar darinya sehingga kembali lagi ke pusaran singularitas. Ketika kepadatan / kemampatan ini tidak dapat ditoleransi lagi, meledaklah titik ini menjadi berbagai unsur yang pada akhirnya membentuk unsur - unsur alam semesta seperti bintang, planet, dll. Kemudian beberapa penelitian menunjukkan bahwa alam semesta berkembang. Hal ini dibuktikan dengan adanya pergeseran biru yang kelihatan bila diamati secara seksama pada sebuah galaksi. Pergeseran biru menunjukkan gerak menjauh berdasarkan pada hukum, hukum apa ya...lupa hehehe... Yang jelas alam semesta itu berkembang, dan bisa dibilang hidup. Ketika perkembangan alam semesta ini telah mencapai batas gravitasi, maka gaya gravitasi akan menarik lagi semua unsur dalam alam semesta ini ke pusatnya untuk membentuk kembali singularitas. Begitulah seterusnya dan ini dinamakan siklus alam semesta. Namun semua teori itu belum terbukti, dan telah banyak teori yang diruntuhkan kembali oleh teori lain seperti teori evolusi, relativitas, dll. Entah sampai kapan pencarian mengenai terbentuknya alam semesta ini akan selesai... Di luar konteks agama, sekali lagi, teori singularitas tidak menyediakan tempat bagi Tuhan untuk berperan dalam pembentukan alam semesta, bahkan tidak menyediakan tempat bagi Tuhan untuk ada... Atheis banget yah ?

inong - November 23, 2004 06:52 AM (GMT)
keren juga tuh sinopsisnya,emang film apaan?ARMAGEDON yach... :), hehe.., abis kaya resensi film dikoran. Analisisnya boleh juga...ngalahin thesisnya calon profesor ITB yang punya kacamata setebal kaca jendela Nako rayban ky Superman klo lg jd Mr. cLark ken, punya kepala botak semulus landasan lapangan udara, selalu punya IPK 4, n kemana2 bw bk tebel buat ngelemparin banci2 yang doyan nyolek, hiii... :ph43r: (Hiperbolis...) tp masuk ITBnya Nyogok ...:unsure: (Nyogoknya bukan pake Garpu yang dipilem Devil's advocate ato komiknya Inuyasha-manusia 1/2 siluman, pke DUIT dong..)hihi
Teori apapun tentang alam semesta tuh bener koq, tp hy dipake n berlaku o/ MANUSIA pd masa teori itu dilaunching alias temporer gt lah..., Fransisco Redi sekalipun yg bikin teori asal mula MH, duluan mana idup larva ama daging, ato duluan mana lahir telor ato ayam, ato duluan mana lair aku ato kamu...(diluar konteks, Fransisco Redi g ngomong gitu koq :P ). intinya teori manusi tuh sifatnya temporer, ga universal n komprehensif. Manusia berdebat smp jungkir balik msk jurang, smp tua, ato smp matahari terbit sekalipun ditimurpun g bakal selesai. Karena semuanya bener, tp ada yang PALING BENER, Al Quran. Al-quran kan bukan monopolinya org Islam tuk bc, u/ siapa aja, isinya jg beragam, universal, komprehensif n disgl zaman. Kahlil Gibran ato Albert Einstein sekalipun jg pst nyontek dari Alquran, cm nggak langsung melalui perantara,melalui ilmuwan2 arab diNegeri 1001 malam. AlQuran diterjemahkan dalam berbagai bahasa, cara dan pemahaman.Makanya Amerika Horney banget pengen membumihanguskan Fallujah-Irak, yang konon punya RudalScute yang g hy bisa bikin IMPALA porak poranda, tp seantero negeri Bush bakal dilalap. Nah, lho...Selaen juga pengen meruntuhkan ilmuwan2 muslim n ngebangkitin ilmuwan barat, AS dah punya targetan ngabisin negerinya aladin, macem Afganistan, Yordania, Palestina, Pakistan.Indonesianya kayanya nggak deh..., soalnya dipelem kartun Aladin kan ga pernah singgah diIndonesia :lol: :P. Bukannya terkontaminasi Aa Gym ato ngikut2 JI(Jamaah Islamiah yg doyan ngebom Bali), ato jg lg kerasukan jinnya Albert Einstein. Nggak koq, Sumpah!! :P.
Ganti topik aja, 'Bgmn manusia memaknai hidup??'ayo dianalisa Prof. Regi... :rolleyes: Tp jgn pake bahasa Bill gates yg bikin dahi yang udah keriput makin berkerut, kek Doraemon aja, meski kekanakan tp ilmiah lho :).
coz dah 4 jam lebih melototin monitor n liat tulisan Prof. Regi, jd tambah mengkerutkan dahi yang udah keriput, lm2 jd perempuan yang tiba2 tua, keriput, persis Nenek2 kecebur got abis diserempet spd truk ayam dari belakang, kaya Filmnya Friday the 13ten :ph43r: :blink:
Ok!!I'll wait for U.













mapalasttl - November 29, 2004 04:05 AM (GMT)
tapi ngomong-omong INONG ini sapa yah .... ngga ada keterangan nomer MPS-nya sih

Cleva - December 1, 2004 07:34 AM (GMT)
Hahaha hebat juga tanggapannya.. To : Babe ---> Inong itu anak Impala Unibraw, sodara kita juga B)

massawig - December 1, 2004 09:59 AM (GMT)
wow ..kalo gitu selamat kenal deh INONG ..... apakabar IMPALA ??? kasih tau dunk web kalian ????

bote_161 - December 9, 2004 07:31 AM (GMT)
apa kabar impala,sudah lama gak bercakap-cakap ria...hehehehe




* Hosted for free by zIFBoards